Susur Sungai Bersama Palang Merah Indonesia dalam Peringatan Hari Bumi 2016


Pembersihan sungai di Jakarta Utara (23/04)
Sabtu (23/04) Palang Merah Indonesia (cabangJakarta Utara dan Bogor) yang bekerjasama dengan PMI America mengadakan acara untuk memperingati hari bumi yang jatuh pada hari ini. Acara yang mengambil tema Ruwat Bumi dan Susur Sungai ini diadakan di dua tempat. Tempat pertama yaitu di daerah kabupaten bogor dan Jakarta utara, bermaksud menyusuri sungai dari hulu ke hilir.

Acara yang dimulai pada jam 07.00 pagi ini dimulai dengan menyusuri sungai yang ada di daerah Jakarta Utara yang dimulai dari sungai yang ada di jalan kencur. Sayangnya pada saat itu saya tidak bisa mengikuti kegiatan menyusuri sungai ini dikarenakan masalah komunikasi dan tempat berkumpul. Berdasarkan cerita teman-teman saya yang mengikuti kegiatan tersebut mengatakan seru dan bisa sapa warga yang tinggal  di sekitar sungai ciliwung.

Tidak hanya susur sungai PMI Jakarta Utara bersama warga sekitar juga membersihkan sampah yang ada di sekitar pinggir sungai ciliwung. Berbeda dengan PMI  cabang bogor susur sungai dengan pelepasan ikan di sungai ciliwung. Kegiatan ini memperingatkan kepada masyarakat untuk terus menjaga kebersihan sungai. Coba saja kalau sungai bersih perjalanan susur akan tambah mengasyikkan.

Hasil Karya dari Sampah
 Selain susur sungai acara ini juga di isi dengan pameran hasil kerajinan ibu-ibu yang berada di sekitar sungai ciliwung.Sampah-sampah plastik seperti bungkus kopi, makanan ringan, dan cuci piring ini di ubah menjadi barang berharga. Tas yang di buat ibu-ibu ini tidak kalah bagusnya dengan tas yang ada di Mall  dengan buatan tangan sendiri tas ini juga ramah lingkungan. Siapa kira plastik yang kita anggap sampah ini bisa dijadikan barang-barang bagus oleh ibu-ibu yangada di sekitar sungai ciliwung Jakarta Utara.

Masih dalam memperingati hari bumi, ketua PMI Jakarta Utara Sabri Saiman dengan sigap mengkoordinir kegiatan mulai dari susur sungai hingga membuat biopori. Dalam sambutannya juga dia terus memperingatkan warga untuk terus bisa merawat bumi dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kebersihan itu membuat lingkungan menjadi sehat.

Acara yang dihadiri oleh Wakil Walikota Jakarta Utara,PMR sekolah dan pasukan orange ini menambahkan keseruan acara. Apalagi acara ini juga dihibur oleh band  baraya, Komunitas Anak Kali Ciliwung, dan Teater Baraya. Dari semua hiburan yang ada semua mengkampanyekan untuk terus menjaga dan merawat bumi. karena masalah ini milik bersama bukan seorang dan kelompok.Apalagi dengan masalah yang terjadi pada bumi ini mulai dari global warming dan banjir semua ini diakibatkan oleh ulah manusia yang tidak sayang pada Bumi. Acara ini ditutup dengan tour ke vertikal garden yang ada di sekitar sungai. Vertikal Garden ini bertujuan untuk memanfaatkan lahan yang ada untuk menanam apa saja yang bisa dikonsumsi.


 "Sayangi anak cucumu dengan menjaga bumi ini dengan indah dan tidak merusaknya"
SELAMAT HARI BUMI 2016

Komentar

Postingan Populer