Bawang Goreng ‘Njonjah Nirmala’

Majalah Sahabat



Siapa sangka dari bahan utama bawang bisa dijadikan usaha yang menjanjikan di zaman sekarang. Semua berawal dari keluhan ibu-ibu yang belanja di pasar tradisional yang mengeluh mengenai bawang goreng yang dijual dicampur dengan umbi-umbi. Dari diskusi ibu-ibu yang berada di sekitar rumah menimbulkan ide bagi keluarga mereka untuk membuka usaha bersama. Dengan menggunakan bahan bawang goreng asli 100% bawang pilihan yang memiliki kesan GER (Gurih Enak Renyah) ketika di konsumsi.

Selain rasa GER hal ini juga di dukung cita rasa khas penuh kasih sayang seorang ibu yang dengan tulus membesarkan ke 6 orang putra – putrinya dengan tulus, boleh di bilang bawang goreng mereka diberi nama ‘Njonjah Nirmala’ merupakan hadiah di ulang tahun ibu mereka Ratna Nirmala Ningsih di usianya ke 60 tahun. Maka dari itu kenapa nama produk bawang ini dinama ‘Njonjah Nirmala’. Adapun filosofi yang di ambil adalah mereka ingin memberikan kesempatan kepada konsumen untuk merasakan masakan enak buatan ibu yang selalu mereka rasakan dalam setiap cicipannya, nama ini juga mereka usung sebagai wujud kado terindah di ulang tahun ibu yang ke 60 tahun di 2016.

Mengapa mereka memilih bisnis bawang goreng ini dikarenakan masalah yang terjadi di pasar. Selain itu potensi bawang sangat besar di Indonesia dan salah satu komoditas pertanian yang terus berkembang pesat. Hal ini juga berupaya memberika manfaat terhadap bawang agar memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi. Terlebih visi mereka ingin menghadirkan kualitas bawang terbaik tanpa campuran umbi-umbian yang banyak tersebar di masyarakat.

Unik dari Usaha ini adalah  didirikan bersama keluarga,apalagi yang terlibat adalah anak dari ibu nirmala. Sebagai wujud cinta mereka kepada ibunda sampai menamakan produk ‘Njonjah Nirmala’. Berbagai pihak yang terlibat usaha mereka, mulai dari lembaga  “BI” (Bapak dan Ibu) mereka yang mewakili produksi guna mejaga cita rasa khas setiap keping bawang yang di hasilkan, lalu ada instasi lainnya yakni “BpK” (Bantuan para kakak), selaku keluarga besar kami memaksimalkan ke 6 orang anak dari bapak dan ibu untuk menjadi team solid.

Anak pertama (Suharta) beserta kembarannya (suharsa) bertugas sebagai Tim desain, lalu ada anak ketiga (Maulana Rachman) bertugas sebagai marketing, lalu kaka ke-empat (Nurilah Fitri Aini) bersama (Oktiana putri) anak ke-enam bertugas sebagai online marketing dan costumer service. Mereka semua bersinergi bersama dengan penuh cinta dan harmoni.

Usaha yang baru di rintis dua bulan ini cukup mendapat respon yang postiif dari para konsumen. Walaupun saat ini mereka fokus menyediakan Bawang Goreng premium kemasan Cup dengan rasa original. Harga yang ditawarkan juga termasuk sangat ekonomis yaitu Rp 15.000 per cup. Proses produksi yang dilakukan melalui beberapa tahap, yakni dimulai dari pemilihan bahan baku yaitu bawang terbaik. Lalu proses sortasi dan pembersihan. Kemudian pemotongan secara menyuluruh lalu di goreng dengan kondisi tertentu, setelah matang lalu tiriskan. Setelah siap diberikan bumbu rahasia untuk menambah cita rasa bawang goreng lebih sedap. Lalu keutaman dari produk mereka adalah bebas pengawet.

Banyak tanggapan positif yang mereka dapat dari para costumer yang menyukai bawang goreng buatan ibu mereka ini. Bahkan dari segi omzet cukup menguntungkan, terlebih ada kepuasan tersendiri ketika produk berkualitas mereka bisa mengatasi kegelisahan akan bawang goreng campuran umbi yang tidak murni. Berbicara hambatan dalam berjualan mereka sepakat selama usaha ini tidak ada hambatan, semua yang hadir mereka jadikan tantangan dan titian anak tangga untuk terus naik, saat ini kami hanya perlu komitmen dan konsistensi menjaga kualitas terbaik bawang goreng.

Harapan kedepan dari usaha ini mereka ingin menciptakan rasa baru hasil kombinasi resep keluarga turun termurun keluarga. Peluang memperluas jualan mereka juga ingin reseller bagi siapapun sangat terbuka. Melalui usaha ini mereka ingin turut serta membantu akselarasi kemandirian financial masyarakat semua. Mereka juga memberikan beberapa tips untuk masyarakat mulai berbisnis. “Bisnis yang bagus adalah bisnis yang di jalankan dan di upayakan” bisnis di bidang kuliner akan sangat memiliki kemungkinan berhasil lebih besar. Lakukan tanpa nanti kerjakan tanpa tapi.
Untuk mengetahui testimoni mengenai produk bawang mereka atau yang minat bisa tengok instagram mereka @njonjahnirmala. Disana ada komen costumer mengenai bawang goreng yang mereka jual. Siapa sangka segala umur suka dengan cemilan tambahan untuk makanan utama ini banyak diminati.


Komentar

Postingan Populer