Hal Yang Perlu Kalian Ketahui Bagaimana Menjadi Guru TK
Sekitar 2-4 hari yang lalu saya
di tag video lucu bagaimana seorang guru TK totalitas dalam mengajar. hal itu
mengingatkan saya yang sekarang asyik membantu guru di sekolah tk. Walaupun status
saya disana hanya sekedar membantu untuk mengisi luang waktu sampai kerjaan
baru menyapa. Saya membantu guru utama sekitar jam 10 sampai mereka istriahat
karena jam segitu kelas mereka dibagi menjadi dua karena sempitnya ruang kelas
yang dimiliki. Pelajaran dimulai dari mengeja sampai mewarnai mereka kerjakan
dengan seksama dari arahan guru utama. Ruangan yang berisi 15-20 murid itu
asyik mendengarkan guru sambil bersanda gurau atau istilah mengadu mencari
perhatian sang guru.
Sebenarnya kelas di mulai pada
jam 07.00 s/d 11.30 pagi hari mereka diwajibkan untuk membaca huruf dan
mengaji. Kebetulan sekolah yang saya bantu adalah sekolah islam maka membaca
iqra’ menjadi wajib untuk mereka untuk bisa mengaji. Setelah itu mereka di ajak
ke sebuah masjid untuk shalat sunnah dhuha 2 rakaat. Baru setelah selesai
shalat mereka kembali ke kelas untuk menghafal hadits dan juz 30. Dan jam 10
barulah mereka belajar sesuai Kurikulum yang berlaku. Disitulah saya membantu
kelas yang dibagi 2. Banyak yang bilang kenapa saya tidak menjadi guru TK???
Dan saya dengan tegas bukan tidak mau tapi tahu kah kalian bagaimana menjadi
guru TK?.....
Saya akan mulai cerita dari
bagaimana awal masuk mereka ke sekolah. Banyak dari mereka senang dari rumah
untuk pergi ke sekolah atau mereka yang tidak ada teman ketika temannya semua
sekolah. Ada juga yang merasa anaknya sudah pas untuk masuk sekolah, namun apa
yang terjadi di sekolah. Semua menjerit menangis seakan terpaksa atau takut
dengan guru dan ditinggal oleh orang tua mereka selama 4 – 5 jam. Sekolah
menjadi tempat kedua setelah rumah, disitu guru TK berusaha menjadikan sekolah
tempat yang menarik bagi mereka.
Kembali ke jiwa anak-anak itulah
yang harus guru TK lakukan untuk bisa menjadi teman mereka. Makanya kenapa guru
TK itu awet muda karena mereka senang dengan kehidupan anak-anak. Serta yang
paling unik menurut saya adalah kenapa ketika di sekolah yang sering nangis itu
anak laki-laki daripada perempuan iya. ???????? apa ini istilah lelaki itu
susah menjadi dewasa hehehhe (bercanda). Bahkan orang tuanya harus masuk kelas
hampir sebulan untuk menyesuaikan diri dengan teman.
Ada kejadian yang selalu saya
ingat ketika mereka ngambek tidak mau masuk kelas. Awalnya saya pikir apa
mereka dipaksa untuk sekolah atau gurunya kurang menarik. Tapi itu salah mereka
tidak mau masuk kelas karena malam nya mereka kurang tidur sehingga tidak mau
masuk kelas. Nangis uring-uringan di ruang kepala sekolah sampai gurunya di
tarik kerudungnya menjadi pelajaran yang menguji kesabaran guru karena anak tidak
suka dibentak. Hingga akhirnya mereka menyerah dengan tidur di bangku atau di
lantai ruang kepala sekolah karena nangis.
Tidak hanya itu ada yang menarik
perhatian saya mengenai proses mereka menghafal semua kata dan angka dari
pikiran mereka. Walaupun mereka bisa mengatakan dengan bicara tapi mereka masih
lemah dalam mengaplikasi tulisan dari ingatan mereka. Disini lach kreatifnya
guru tk mereka menjelaskan gambar yang mereka biasa lihat lalu di aplikasikan
dalam tulisan. Contohnya “Bu guru huruf A itu seperti apa ??” mereka bisa
mengatakan tapi belum bisa menulis huruf A itu seperti apa?. Bu guru hanya
menjawab A itu Ayam.....Bagaimana luar biasanya guru TK mengaplikasikan satu
suku kata menjadi empat suku kata dari sebuah gambar dan mereka hanya mengingat
satu suku kata yaitu A. Dan itu guru jelaskan dari huruf A sampai Z. Makanya
jangan heran kalau ada buku baca untuk anak tentang tulisan di atas nya ada
gambar karena mereka belajar seperti itu.
Disana hebatnya imajinasi guru Tk
dibuat untuk memberikan gambaran kepada anak-anak. Kalau guru hanya bilang
huruf A mereka akan terus bertanya huruf A itu apa ?. Berbeda dengan angka guru
tk terus di asah menjelaskan bagaimana angka itu di tulis, Bu guru angka 2 itu
seperti apa? Jawaban luar biasa bu guru bilang bebek berenang. Banyak
pertanyaan yang luar biasa dan tak terduga ketika seorang anak tanya yang tidak
dia tidak ketahui. Bagaikan otak mereka yang masih kosong disitu lah guru TK
mengupgrade otak mereka dengan imajinasi yang luar biasa.
Selain mengeja yang menarik
perhatian saya adalah ketika mereka mewarnai gambar. Pada zaman saya warna yang
saya kenal hanya 12 warna namun apa yang terjadi sekarang ada 32 warna di
tempat crayon mereka. Tidak mungkin kita hanya mengenalkan 12 warna yang dahulu
kita kenalkan walaupun itu ada istilah warna pastel, warna summer, dan warna
lainnya. Apa yang harus kalian lakukan untuk menjelaskan mereka mengenai 32
warna yang ada itu. Back To Nature itulah yang dilakukan guru TK untuk
meningatkan mereka bagaimana 32 warna itu ada. Memang awalnya warna itu ada
karena lingkungan yang ada disekitar.
Luaarr biasanya guru TK menjadi
awal mereka bisa imajinasi mengenai yang ada disekitar. Karena ketika mereka
memasuki Sekolah Dasar mereka sudah harus bisa membaca dan menulis. Apalagi
dengan peraturan masuk sekolah dasar pada usia 7 – 8 tahun bagaimana tidak luar
biasa mengasah otak anak-anak menjadi bisa membaca dan menulis. Bukan
menyalahkan siapapun cuman disini saya kagum dengan guru TK yang mengajarkan
mereka awal sebelum ke jenjang yang lebih tinggi. Apalagi dengan perkembangan
teknologi yang terus menurus maju ini membuat mereka di tuntut lagi untuk lebih
kreatif lagi.
Selain membaca dan menulis ada
lagi yang perlu imajinasi tingkat tinggi
mereka adalah ketika guru membaca dongeng atau hafalan hadits. Bagaimana
seorang anak bisa fokus ketika mendengarkan cerita atau dongeng kalau tidak
dari ekspresi guru dan nada guru ketika membaca cerita. Kita membawa mereka
merasakan apa yang di buku itu. Kalau tidak dijamin 2 – 5 menit kemudian mereka
akan ngobrol dan bercanda bersama temannya.
mungkin ini saja yang bisa saya share mengenai bagaimana kita menjadi guru tk next aku akan certain lagi........
Komentar
Posting Komentar