Hal Yang Perlu Kalian Ketahui Bagaimana Menjadi Guru TK

Sekitar 2-4 hari yang lalu saya di tag video lucu bagaimana seorang guru TK totalitas dalam mengajar. hal itu mengingatkan saya yang sekarang asyik membantu guru di sekolah tk. Walaupun status saya disana hanya sekedar membantu untuk mengisi luang waktu sampai kerjaan baru menyapa. Saya membantu guru utama sekitar jam 10 sampai mereka istriahat karena jam segitu kelas mereka dibagi menjadi dua karena sempitnya ruang kelas yang dimiliki. Pelajaran dimulai dari mengeja sampai mewarnai mereka kerjakan dengan seksama dari arahan guru utama. Ruangan yang berisi 15-20 murid itu asyik mendengarkan guru sambil bersanda gurau atau istilah mengadu mencari perhatian sang guru.



Sebenarnya kelas di mulai pada jam 07.00 s/d 11.30 pagi hari mereka diwajibkan untuk membaca huruf dan mengaji. Kebetulan sekolah yang saya bantu adalah sekolah islam maka membaca iqra’ menjadi wajib untuk mereka untuk bisa mengaji. Setelah itu mereka di ajak ke sebuah masjid untuk shalat sunnah dhuha 2 rakaat. Baru setelah selesai shalat mereka kembali ke kelas untuk menghafal hadits dan juz 30. Dan jam 10 barulah mereka belajar sesuai Kurikulum yang berlaku. Disitulah saya membantu kelas yang dibagi 2. Banyak yang bilang kenapa saya tidak menjadi guru TK??? Dan saya dengan tegas bukan tidak mau tapi tahu kah kalian bagaimana menjadi guru TK?.....

Saya akan mulai cerita dari bagaimana awal masuk mereka ke sekolah. Banyak dari mereka senang dari rumah untuk pergi ke sekolah atau mereka yang tidak ada teman ketika temannya semua sekolah. Ada juga yang merasa anaknya sudah pas untuk masuk sekolah, namun apa yang terjadi di sekolah. Semua menjerit menangis seakan terpaksa atau takut dengan guru dan ditinggal oleh orang tua mereka selama 4 – 5 jam. Sekolah menjadi tempat kedua setelah rumah, disitu guru TK berusaha menjadikan sekolah tempat yang menarik bagi mereka.

Kembali ke jiwa anak-anak itulah yang harus guru TK lakukan untuk bisa menjadi teman mereka. Makanya kenapa guru TK itu awet muda karena mereka senang dengan kehidupan anak-anak. Serta yang paling unik menurut saya adalah kenapa ketika di sekolah yang sering nangis itu anak laki-laki daripada perempuan iya. ???????? apa ini istilah lelaki itu susah menjadi dewasa hehehhe (bercanda). Bahkan orang tuanya harus masuk kelas hampir sebulan untuk menyesuaikan diri dengan teman.

Ada kejadian yang selalu saya ingat ketika mereka ngambek tidak mau masuk kelas. Awalnya saya pikir apa mereka dipaksa untuk sekolah atau gurunya kurang menarik. Tapi itu salah mereka tidak mau masuk kelas karena malam nya mereka kurang tidur sehingga tidak mau masuk kelas. Nangis uring-uringan di ruang kepala sekolah sampai gurunya di tarik kerudungnya menjadi pelajaran yang menguji kesabaran guru karena anak tidak suka dibentak. Hingga akhirnya mereka menyerah dengan tidur di bangku atau di lantai ruang kepala sekolah karena nangis.

Tidak hanya itu ada yang menarik perhatian saya mengenai proses mereka menghafal semua kata dan angka dari pikiran mereka. Walaupun mereka bisa mengatakan dengan bicara tapi mereka masih lemah dalam mengaplikasi tulisan dari ingatan mereka. Disini lach kreatifnya guru tk mereka menjelaskan gambar yang mereka biasa lihat lalu di aplikasikan dalam tulisan. Contohnya “Bu guru huruf A itu seperti apa ??” mereka bisa mengatakan tapi belum bisa menulis huruf A itu seperti apa?. Bu guru hanya menjawab A itu Ayam.....Bagaimana luar biasanya guru TK mengaplikasikan satu suku kata menjadi empat suku kata dari sebuah gambar dan mereka hanya mengingat satu suku kata yaitu A. Dan itu guru jelaskan dari huruf A sampai Z. Makanya jangan heran kalau ada buku baca untuk anak tentang tulisan di atas nya ada gambar karena mereka belajar seperti itu.

Disana hebatnya imajinasi guru Tk dibuat untuk memberikan gambaran kepada anak-anak. Kalau guru hanya bilang huruf A mereka akan terus bertanya huruf A itu apa ?. Berbeda dengan angka guru tk terus di asah menjelaskan bagaimana angka itu di tulis, Bu guru angka 2 itu seperti apa? Jawaban luar biasa bu guru bilang bebek berenang. Banyak pertanyaan yang luar biasa dan tak terduga ketika seorang anak tanya yang tidak dia tidak ketahui. Bagaikan otak mereka yang masih kosong disitu lah guru TK mengupgrade otak mereka dengan imajinasi yang luar biasa.

Selain mengeja yang menarik perhatian saya adalah ketika mereka mewarnai gambar. Pada zaman saya warna yang saya kenal hanya 12 warna namun apa yang terjadi sekarang ada 32 warna di tempat crayon mereka. Tidak mungkin kita hanya mengenalkan 12 warna yang dahulu kita kenalkan walaupun itu ada istilah warna pastel, warna summer, dan warna lainnya. Apa yang harus kalian lakukan untuk menjelaskan mereka mengenai 32 warna yang ada itu. Back To Nature itulah yang dilakukan guru TK untuk meningatkan mereka bagaimana 32 warna itu ada. Memang awalnya warna itu ada karena lingkungan yang ada disekitar.

Luaarr biasanya guru TK menjadi awal mereka bisa imajinasi mengenai yang ada disekitar. Karena ketika mereka memasuki Sekolah Dasar mereka sudah harus bisa membaca dan menulis. Apalagi dengan peraturan masuk sekolah dasar pada usia 7 – 8 tahun bagaimana tidak luar biasa mengasah otak anak-anak menjadi bisa membaca dan menulis. Bukan menyalahkan siapapun cuman disini saya kagum dengan guru TK yang mengajarkan mereka awal sebelum ke jenjang yang lebih tinggi. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang terus menurus maju ini membuat mereka di tuntut lagi untuk lebih kreatif lagi.

Selain membaca dan menulis ada lagi yang perlu  imajinasi tingkat tinggi mereka adalah ketika guru membaca dongeng atau hafalan hadits. Bagaimana seorang anak bisa fokus ketika mendengarkan cerita atau dongeng kalau tidak dari ekspresi guru dan nada guru ketika membaca cerita. Kita membawa mereka merasakan apa yang di buku itu. Kalau tidak dijamin 2 – 5 menit kemudian mereka akan ngobrol dan bercanda bersama temannya. 


mungkin ini saja yang bisa saya share mengenai bagaimana kita menjadi guru tk next aku akan certain lagi........

Komentar

Postingan Populer